Kebanyakan organisasi beroperasi menggunakan 6 inti system (people,rewards, resources, decisions, processes,structure). Leader yang selalu bisa mendapatkan hasil sesuai harapan mereka dapat mengoperasikan sistemnya dengan benar. System ini tidak bisa hanya diletakan di posisi nya begitu saja tapi harus juga diselaraskan dengan benar, kita menyebut ini the six rights.

Kita mulai dengan people,

Kita perlu bertanya pada diri kita sudahkah orang yang tepat dengan keterampilan yang tepat, melakukan pekerjaan yang benar? Ini artinya, mempekerjakan orang yang ahli, serta memastikan mereka terampil dan handal bekerja di bidangnya serta ada kesesuaian antara tugas dengan minat serta bakatnya

Untuk memenuhi struktur yang baik,

Kita perlu bertanya sudahkan peran, tanggung jawab dan lingkungan berada di posisi yang semestinya. Kami lakukan pengujian terhadap bagan serta ruang kerja organisasi kami dan berusaha mencari jalan paling efektif agar semua orang dapat bekerja Bersama

Bagaimana dengan penghargaan?

Apakah jerih payah karyawan diakui dan dihargai dengan cara yang benar?

Untuk membantu tim meraih strategi yang telah ditetapkan. Ketika penghargaan telah berselaras dengan benar maka akan merangsang tumbuhnya perilaku yang lebih baik dan perasaan dihargai yang sangat bermakna kepada mereka.

Sudahkah tim kita memiliki semua yang mereka butuhkan? Sumberdaya yang tepat?

Sumberdaya itu meliputi perangkat, dana dan teknologi serta waktu yang benar dan elemen penting lainnya yang dapat memudahkan penyelesaian pekerjaan

Apakah keputusan besar memang diambil oleh orang yang tepat?

Biasanya orang yang terlibat dalam pengerjaannya lebih tau hal hal apa saja yang perlu dilakukan. Mereka berwenang membuat keputusan dengan tepat dan benar.

Apakah proses yang dijalani sudah benar?

Apakah pekerjaannya diselesaikan dengan cara yang benar?

Apakah kita sudah menghilangkan Langkah yang kurang penting dan menyederhanakan proses kerja kita agar semua akan lebih fokus pada yang benar2 penting saja.

Mari lihat bagaimana praktek pelaksanaan 6 inti sistem yang dilakukan di Costarika, kita jumpai Matild Morgan. Berasal dari Perancis, seorang leader global berpengalaman yang pernah bekerja dibeberapa organisasi besar di beberapa negara di dunia.

“Saya tidak takut dengan perubahan. Karena kita harus menerima semua yang terjadi di kehidupan kita dan perubahan selalu akan dating setiap hari”

Beberapa tahun lalu, dia adalah panitia peluncuran service center baru dari Cargill, perusahaan agrikultur dan indsutriak terbaik saat ini. Tugas saat itu cukup mengerikan, sebagai karyawan rekrutan kelima dari kantor baru itu bersama tim nya, membangun kantor itu dari nol dengan merekrut sekitar 1000 orang ahli, yang berasal dari lebih 150 perusahaan berbeda dengan tujuan memindahkan layanan dari 15 lokasi pelayanan yang tersebar di seluruh dunia. Dalam perubahan situasi yang sangat cepat, dia dituntut melakukan segala sesuatunya dengan tepat dan cepat. Dia memulainya dari pemilihan orang orang yang benar ahli

“Keseluruhan proses perekrutan yang kami jalankan sangatlah ketat. Kami bahkan melakukan wawancara panel untuk memastikan bahwa kita tidak hanya menilai kemampuan dan keahliannya saja, tapi juga melihat apakah dia cocok dalam melakukan proses yang berbeda nantinya”

Matild juga fokus pada susunan alur yang benar

“Jadi ada beberapa bagian yang penting dalam proses pembangunan ruang kerja baru, ruang yang terbuka sama sekali tidak boleh ada kantor pribadi, lingkungan kerja harus terbuka. Sebuah ruang kerja yang membuat lebih luwes. Luwes maksudnya tidak baku, jadi meja hanya untuk mengerjakan tugas, dan tidak dipakai duduk seharian”

Seluruh tim bisa meraih kesuksesan dengan menyelaraskan penghargaan yang benar. Matild memprioritaskan untuk memberi tiap karyawannya kompensasi yang sama atau bahkan lebih tinggi dari tempat lain. Untuk memacu motivasi mereka. Dia juga sering mengingatkan semua anggota tim untuk tetap bersenang senang dalam bekerja dan selalu merayakan tiap keberhasilan mereka.

Matild memastikan semua sumberdaya yang tepat sudah pada posisi masing masing.

“Semua karyawan memiliki laptop sendiri, semua tempat kerjanya dilengkapi PC dengan 2 monitor”. Matild memberi wewenang pada karyawannya untuk mandiri dalam membuat keputusan.

“Peran saya sangat mudah, saya menjadi penyokong kinerja. Jika anda melihat ada cara lain yang berbeda atau lebih baik, mari kita lakukan itu! Karena anda berwenang untuk memutuskan sendiri hal hal seperti itu”. Matild sangat percaya terhadap karyawannya, dia tahu mereka memang ahlinya, dia memberikan otoritas kepada mereka dan dia tidak perlu harus terlibat dalam kegiatan operasional harian mereka.

Matild telah menerapkan proses yang benar untuk menciptakan efisiensi kerja.

“Sekarang kami dapat bekerja lebih seperti sebuah tim bersama divisi bisnis membuat ide ide baru, proses kerja baru, benar benar dari awal hingga akhir dan itu memberi kami nilai tersendiri, tidak hanya bagi tim saja namun juga bagi Cargill” -karyawan

“Sebuah pengalaman yang luarbiasa, kami mampu membangun fasilitas kerja yang mapan kurang dari 3 tahun dengan hampir 1000 jumlah rekrutan memindahkan pekerjaan dari 15 negara berbeda dari seluruh benua Amerika. Dan saya benar2 membangun pondasi yang kuat agar kita bisa melanjutkan ke tahap berikutnya”

Bagaimana dengan tim anda?