Picture of : Andi Roddick

Kepercayaan tergantung pada sifat, kemauan yang teguh, kemampuan, serta rekam hasil yang pernah dibuat. Bagaimana cara kita membuktikannya.
Bayangkan anda sekarang berada dalam sidang peradilan dimana anda menjadi saksi ahlinya. Dan pengacara dari pihak penuntut meyakinkan juri bahwa anda adalah saksi yang dapat dipercaya.

Lalu apa yang dia coba buktikan?

Yang pertama, dengan mengatakan bahwa anda adalah orang yang bertindak konsisten
yang kedua, bahwa anda memiliki itikad yang baik, bahwa anda tidak akan berbohong atau melindungi siapapun
ketiga, bahwa anda memiliki kepercayaan yang baik
keempat, bahwa anda memiliki rekam jejak yang baik dan anda dikenal karena hasil yang anda buat.

lalu pengacara pembela berdiri, “dokter, pekerjaan anda sangat mengagumkan”. Dan dia akan berusaha meyakinkan para juri bahwa anda tidak bisa dipercaya. “apakah ada perusahaan farmasi yang punya minat terhadap organisasi anda?”

Kepercayaan anda sangat tergantung pada 4 hal berikut ini:
1. Sifat
2. Kemauan yang teguh
3. Kemampuan
4. Rekam hasil yang pernah anda buat

2 poin pertama adalah masalah karakter, dan 2 lainnya adalah masalah kemampuan.
Saya menyebut ini dengan sebutan 4 inti rasa percaya. Karena kepercayaan anda bergantung pada karakter dan juga kemampuan yang anda miliki.

Lihatlah masalah inti dari kejujuran,
Pada babak ketiga di turnamen mater itali, juara tenis andi Roddick bertemu dengan petenis Fernando verdasco. Saat itu match point untuk keunggulan Roddick. Verdasco memukul bola dan hakim garis menyebut itu “out” dan penonton mengira Roddick telah memenangkan pertandingan itu. Roddick meminta hakim garis melihat cekungan bekas bola di permukaan lapangan, yang jelas nampak bahwa bola mendarat tepat di atas garis, bukan di luar.
Lalu semua terkesima, Roddick memutuskan untuk melawan dirinya sendiri. Hal itu membuatnya kehilangan angka dan akhirnya dia kalah dalam pertandingan itu. Tapi dia mendapatkan sesuatu yang lebih dari sebuah kemenangan. Dia mendapat kekuatan serta kepercayaan dari semua orang.
Bagaimana kira kira respon hakim garis kedepannya saat andy Roddick Kembali meyanggah keputusan pertandingan?

Kekuatan kita di awali dengan rasa percaya, tapi tidak berhenti disitu. Karena sifat maupun karakter dan poin lainnya dalam 4 diperoleh sama sama pentingnya.

Sebagai contoh berikutnya lagi adalah Seorang Dokter dengan kemampuan mengobati luka bakar dengan regenerasi yang cepat.
Sebuah malam bulan Oktober beberapa tahun silam, 28 korban terror bom bali diterbangkan ke royal hospital Australia. Dr Fiona wood, memimpin tim beranggotakan 215 orang bekerja menyelamatkan korban yang menderita luka bakar, infeksi mematikan dan menderita shock berat. Ke 28 korban akhirmya bisa diselamatkan.
“yang kita lakukan saat itu adalah kita mengambil potongan kecil kulit dari bagian yang tidak terluka yang memiliki kemampuan untuk meregenerasi lalu kita taruh di bagian kulit yang luka untuk membantu sel kulit yang luka melakukan penyembuhan sesegera mungkin untuk mengurangi bekas lukanya” – dr Fiona wood
Dr.Wood adalah kepala bagian luka bakar di royal hospital. Tekniknya mampu mengurangi waktu pemulihan kulit dari beberapa minggu menjadi hanya 5 hari. Luar biasa mengurangi cacat luka bakar serta mempersingkat waktu pemulihannya. Maka sekarang Dr wood adalah pimpinan rumah sakit, ahli bedah plastik, penemu, warga negara Australia paling dipercaya selama 3 tahun berturut turut.
“saya yakin bahwa setiap hari kita berangkat kerja, kita mustinya mencari peluang untuk meningkatkan hasil agar esoknya menjadi lebih baik lagi, dan hari yang paling menyenangkan nantinya adalah hari dimana anda pensiun” -dr wood
Di Australia, semua orang beralih ke Dr wood karena kemampuannya yang luar biasa. Kalau anda menjadi korban luka bakar, siapa yang anda harapkan akan mengoperasi anda? Dia telah menunjukan kemampuannya dari rekam jejak keberhasilannya. Kemampuan dan kekuatan semacam itulah yang akhirnya menumbuhkan kepercayaan diri, yaitu tentang mengembangkan keempat intinya. Hal ini membuat adanya kepercayaan baik itu dari dalam diri maupun dari orang lain.